Tugas Otomatisasi perkantoran : Virtual Office atau Kantor Maya
Nama : Eni Purwaningsih
Kelas : X Administrasi Perkantoran 1
Absen : 10
VIRTUAL OFFICE ( KANTOR MAYA)
A.
PENGERTIAN
Yang dimaksud dengan Kantor
Maya (Virtual office) adalah suatu konsep yang mengenalkan pekerjaan
kantor yang dilaksanakan secara virtual dengan jalan membangun suatu link
antara pekerja yang satu dengan yang lainya di tempat yang berbeda unuk
menyelesaikan pekerjaan kantor, biasanya link-link ini saling berhubungan
dengan memanfaatkan sitem komunikasi elektrik.
Virtual Office merupakan Sebuah “ruang kerja”
yang berlokasi di dunia internet dengan kata lain tidak mempunyai kantor real,
dimana seorang individu dapat menyelesaikan tugas – tugas yang diperlukan untuk
melaksanakan bisnis tanpa memiliki lokasi usaha. Virtual Office merupakan lompatan dari teknologi informasi.
B.
TUJUAN
Kantor Virtual timbul
sebagai upaya untuk mewujudkan efisiensi kerja yang berujung pada penekanan
biaya (cost reduction) yang salah satunya adalah pengurangan penggunaan
lingkungan kantor secara fisik. Sebuah kantor virtual dapat memberikan
penghematan yang signifikan dan fleksibilitas dibandingkan dengan menyewa ruang
kantor tradisional. Kantor virtual merupakan implementasi dari upaya otomasi
perkantoran (office automation) yang bertujuan membantu pemilik atau karyawan
perusahaan untuk meningkatkan produktifitas kerja. Keberadaan kantor virtual
seorang pemilik atau karyawan persahaan dapat “datang” ke kantor secara cepat
yang sebetulnya, kedatangan dan kepergian tersebut berlangsung secara virtual
yang tidak secara fisik datang dan hadir di lingkungan kantor.
C. INFRASRUKTUR
Mewujudkan suatu kantor virtual berarti
mempersiapkan infrastruktur otomasi perkantoran, melakukan definisi ulang
(redefine) proses kerja kantor, serta mempersiapkan kondisi karyawan untuk
bekerja melalui konsep kantor virtual. Definisi ulang proses kerja dan
persiapan kondisi karyawan tentunya akan melibatkan proses manajemen yang cukup
kompleks, terlebih bagi perusahaan yang selama ini beroperasi dengan cara
tradisional. Sedangkan infrastruktur otomasi perkantoran, meskipun tetap
melibatkan proses manajemen, lebih sering dipandang dari segi
teknis integrasinya. Infrastruktur otomasi perkantoran dapat tersusun atas tiga
jenis aplikasi berikut ini:
1. Aplikasi perkantoran, meliputi
pengolah kata, pengolah tabel, pengolah slide presentasi.
2. Aplikasi komunikasi, termasuk
e-mail, messaging, voice-mail, telefon, fax, address book, dll.
3. Aplikasi kolaborasi, yang berisi
aplikasi manajemen proyek, kalender elektronik, forum diskusi, aplikasi
konferensi dll
D.
KEUNTUNGAN KANTOR MAYA
Kantor maya
mengatasi kendala fisik dari tempat kerja sehingga menghasilkan beberapa
keuntungan, sebagai berikut:
a. Pengurangan biaya fasilitas,
perusahaan tidak harus memiliki kapasitas kantor yang besar, karena
sebagian pegawai bekerja di tempat lain, sehingga mengurangi biaya sewa dan
perluasan kantor.
b. Pengurangan biaya peralatan,
daripada menyediakan peralatan kantor bagi tiap pegawai, dengan
telecommuter dapat berbagi peralatan seperti halnya para peserta dalam
suatau LAN saling berbagi sumber daya.
c. Jaringan komunikasi formal, karena
telecommuter harus terus terinformasi dan mendapat perintah spesifik,
jaringan komunikasi mendapat lebih banyak perhatian daripada biasanya.
d. Pengurangan penghentian kerja,
apabila terjadi gangguan alam kantor maya, sebagian besar pekerjaan dapat
dilanjutkan, asalkan jaringan suprastukturnya tidak mengalami gangguan.
e. Kontribusi sosial, kantor maya
memungkinkan perusahaan memperkerjakan pegawai yang tadinya tidak memiliki
peluang untuk bekerja.
E.
KERUGIAN KANTOR MAYA
Jika
perusahaan berkomitmen pada strategi kantor maya, perusahaan
itu melakukannya dengan menyadari bahwa sebagian terdapat dampak
negatifnya, antara lain:
- Rasa tidak memiliki, jika pegawai tidak kontak langsung dengan rekannya setiap hari, mereka kehilangan perasaan menjadi bagian penting dari suatu organisasi.
- Takut kehilangan pekerjaan, karena pekerjaan pegawai dilakukan terlepas dari operasi perusahaan, pegawai mudah menganggap bahwa mereka dapat dibuang sewaktu-waktu.
- Semangat kerja yang rendah, sejumlah fakor dapat menyebabkan rendahnya semangat kerja pegawai. Fakor pertama adalah tidak adanya umpan balik positif yang berasal dari interaksi langsung dengan atasan dan rekan kerja. Faktor lain adalah kenyataan bahwa gaji telecommuter cenderung lebih rendah daripada yang dibayarkan pada pegawai di tempat kantor tetap.
- Ketegangan keluarga, apabila ada ketegangan di rumah telecommuter tidak dapat melarikan diri untuk beberapa jam.
F.
STRATEGI KANTOR MAYA
Linda T. Risse, konsultan manajemen pada Synergy
Planning Incorporated, mengidentifikasi beberapa kebijakan yang harus
diikuti perusahaan agar mencapai keuntungan maksimum setelah memilih
kantor maya, sebagai berikut:
a. Sediakan sumber daya komputer,
apabila pegawai tidak dapat menyediakan seindiri perangkat keras dan
perangkat lunak, perusahaan harus menyediakannya.
b. Sediakan akses ke sumber daya
informasi, apabila riset merupakan bagian dari tanggung jawab
telecommuter, perusahaan harus menyediakan sumber daya informasi yang
diperlukan seperti database komersial dari internet.
c.
Sediakan
perlengkapan non komputer, walaupun kantor maya didasarkan atas data
elektronik, kepada pegawai harus diberikan perlengkapan non-komputer yang
mereka perlukan untuk bekerja seperti: kalkulator, stapler, amplop
surat, daftar telepon, manual prosedur, dan sebagainya.
d. Mengatur penerusan panggilan
telepon, seseorang di situs kantor tetap harus memiliki tanggung jawab untuk
meneruskan panggilan telepon ke telecommuter. Juga, perusahaan harus membuat
penggunaan suara pesan telecommuters sistem dapat mengakses dari rumah mereka.
e.
Gunakan
konferensi telepon, konferensi telepon memungkinkan dua orang atau lebih
berpartisipasi dalam pembicaraan telepon pada saat yang sama. Atasan harus
menjadwalkan konferensi telepon secara teratur sehingga telecommuter berkesempatan
terlibat dalam interaksi langsung dua arah.
f.
Jadwalkan
pertemuan rutin, perusahaan harus menjadwalkan pertemuan yang perlu
dihadiri semua orang. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat rasa
kebersamaan di antara pegawai dan harus dijadwalkan sesering mungkin agar
tujuan tersebut tercapai.
g.
Lakukan
rutinitas kerja, telecommuter harus berkomitmen untuk bekerja sekian jam
sehari, idealnya di suatu ruangan yang jauh dari gangguan. Teman
dan saudara harus memahami bahwa telecommuter itu sedang bekerja walau ia
ada di rumah.
G.
LAYANAN KANTOR MAYA
Layanan Komunikasi Kantor Virtual
·
Resepsionis
Jarak Jauh - Sebuah tim pekerja kantor virtual bekerja menggunakan teknologi
Telepon Integrasi dengan perangkat lunak Komputer untuk menggantikan resepsionis
tradisional.
·
Asisten Virtual -
Sebuah asisten virtual sering kali merupakan sekretaris bagi yang bekerja dari
rumah, yang jarang bertemu atau bertatap muka dengan klien.
·
Layanan
Jawab / call center beroperasi dari lokasi
terpusat untuk tujuan menerima dan mengirimkan sejumlah besar permintaan
melalui telepon. Layanan telepon kantor virtual menjembatani kesenjangan antara
Anda dan klien.
·
Kotak suara
adalah teknologi yang menyimpan pesan suara elektronik.
·
Gedung
Kantor Virtual - kantor virtual memberi Anda untuk memiliki kantor nyata di
kota pilihan Anda, agar dapat digunakan untuk bertatap muka, rapat, pertemuan
dengan karyawan lain atau relasi.
Layanan Ruang Kantor Virtual
·
Alamat Profesional - Sebuah bangunan bergengsi untuk digunakan
sebagai alamat bisnis.
·
Alamat surat
- Alamat profesional dapat digunakan untuk menerima, mengirim surat tanpa
konotasi dari sebuah PO Box.
·
Resepsionis
– Tenaga Resepsionis sebagai ”wakil” untuk menerima dan menandatangani paket
atau dokumen.
·
Bisnis
Meeting Space - Penggunaan ruang pertemuan sesuai dengan permintaan (per jam,
harian atau mingguan) untuk melakukan pertemuan atau rapat.
·
Sebuah
kantor layanan lengkap virtual akan menyediakan internet broadband, fax,
fotokopi, printer, fitur telepon tingkat lanjut, conference call, video
conferencing, lobi / ruang tunggu dan dapur.
·
Live
Resepsionis Virtual - Sebuah layanan menjawab virtual adalah sebuah sistem
otomatis dengan resepsionis virtual hidup. Ini jenis layanan dapat dinikmati
tanpa membeli peralatan mahal.
Pengguna umum Virtual Office:
Home Industri barang/jasa,Akuntan,Pengacara,Hukum Perusahaan,Toko online
Sumber tugas :
Komentar
Posting Komentar